Keindahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke


Keindahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Kadek Fendy Sutrisna

21 April 2011

“Terlihat sungguh banyak sekali potensi wisata dan keindahan alam yang kita miliki. Jika sebagian di antaranya telah tergadai pada pemodal asing, jangan ragu, rebut kembali dari tangan mereka. Sebab semua yang kita punya adalah hak kita juga sebagai warga negara Indonesia.”

Kata-kata pembuka diatas mungkin terlalu berapi-api tapi tujuan sebenarnya dari artikel ini adalah sangat sederhana, yaitu membuat sebuah rangkuman yang bermanfaat buat saya pada saat memperkenalkan keindahan budaya Indonesia kepada kerabat-kerabat dari negara lain yang akan atau sedang berkunjung ke Indonesia. Selamat menikmati !!

Sambil menyelam minum air mungkin kata itu yang tepat untuk artikel ini.  Disini saya juga mengajak teman-teman untuk saling memperkenalkan, mempromosikan dan berbagi tentang keindahan seisi negri kita dari Sabang sampai Merauke agar keindahan alam Indonesia lebih mendunia suatu saat nanti.

Walaupun sudah pernah berkeliling Jepang (Hokkaido-Kyushu, mengunjungi seluruh PLTN yang ada di Jepang), ataupun berkeliling Jerman- Belgia-Paris, jujur saja sampai saat ini saya hanya pernah berkunjung ke 3 pulau di Indonesia, yaitu Bali, Jawa, dan Sumatra. Sangat disayangkan!

Yuuk silahkan untuk membantu saya memberikan komentar, foto dan lainya untuk melengkapi isi dari artikel ini. Dengan senang hati saya akan merangkumnya kembali setiap saat.

Ada satu cita-cita saya dari kecil yang kelak ingin saya wujudkan suatu hari nanti yaitu berkeliling Indonesia dan mengatakan kepada dunia bahwa negara saya adalah negara yang terindah di Dunia melalui foto dan tulisan dengan segala bahasa di dunia.

Berikut saya coba menampilkan uraian-uraian dan foto keindahan Indonesia yang saya rangkum melalui pencarian di Internet :

Di Aceh katanya kita bisa menikmati tari seudati yang terkenal.

Lalu di sepanjang Bukit Barisan, banyak bisa kita jumpai ngarai, danau dan pantai yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Tanjung Tinggi di pulau Belitung yang indahnya serupa lukisan.

Pulau Lengkuas, Belitung

Di Jawa, yang terkenal adalah pantai Bayah yang dipenuhi batu-batu alam yang sangat elok.

Disamping itu terdapat juga suku tradisional Baduy yang masih erat menjaga tradisi nenek moyang kita hingga saat ini.

Di tataran Pasundan, terkenal dengan angklungnya. Bukalah mata, telinga dan hatimu, untuk menikmati bunyi angklung, degung, dan lekuk-liku suara penyanyinya yang penuh ketentraman.

Apabila kita terus berjalan ke timur, maka akan kita jumpai borobudur, prambanan, suara gamelan dan sejumlah tari-tarian yang penuh kelembutan.

 Borobudur

Romantika pegunungan di malam hari dengan munculnya satwa hutan, dapat kita nikmati apabila kita berkunjung di Situ Gunung. 

Situ gunung

Di Kecamatan Sukolilo, di sana ada saudara-sadara kita warga Sedulur Sikep yang lebih dikenal sebagai “orang Samin”,  dengan baju hitam-hitamnya, bersifat sangat jujur dan sangat mematuhi ajaran agama nenek moyang mereka.

Terus berjalan ke timur, akan kita jumpai gunung gunung nan cantik, ada gunung Semeru dengan puncak mahamerunya, Dieng, Bromo, Arjuna-Welirang dll. Disana terkenal dengan reog ponorogo, karapan sapi, dan tentu saja ludruk yang sarat ujar-ujarnya.

Gunung Welirang

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Bromo dan Semeru

Pacitan – Jawa Timur

Jika ke utara, di bumi borneo akan kita temui hutan raya yang harus kita lindungi dari pembabatan hutan para investor. Terdapat juga upacara suku dayak, orang utan, dan anggrek aneka rupa.

Di pulau Bali terdapat pantai Kuta, Sanur, Tanah Lot, Bedugul, tari janger, trunyan, dan tentu pula tari legong yang sudah menyebar sampai ke manca negara.

Tari kecak – Hanuman

Tari Topeng

Di bagian timur negeri adalah potensi dan keindahan Indonesia yang sering kali terlupakan. Terdapat Wayang sasak, komodo, upacara nyalamak di laut, perburuan paus, upacara nyale, adalah keindahan yang ditawarkan oleh tanah ini.

Gunung Rinjani – Lombok

Di Sulawesi terdapat pantai bira, bulukumba tempat para petualang membangun kapal-kapal phinisi.

Wakatobi – Sulawesi

Sedangkan di papua terdapat keindahan raja ampat, hutan-hutan yang asri, serta aneka tumbuhan berkhasiat.

Raja ampat

Terlihat sungguh banyak sekali potensi wisata dan keindahan alam yang kita miliki. Jika sebagian di antaranya telah tergadai pada pemodal asing, jangan ragu, rebut kembali dari tangan mereka. Sebab semua yang kita punya adalah hak kita juga sebagai warga negara Indonesia.

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE atau SUKA,KOMENTARI & BAGIKAN halaman facebook berikut -> Catatan Fendy Sutrisna

Ataupun beberapa artikel tentang keindahan indonesia lainnya dapat dilihat disini

Reference : 

1. Tulisan di Kompas, jodhi yudono

2. National geographic

4 thoughts on “Keindahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s