PLTN di Dunia


PLTN di Dunia 

Kadek Fendy Sutrisna

14 Februari 2010

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

Seiring dengan meningkatnya kemampuan produksi negara2 Asia, kebutuhan akan energi listrik pun meningkat dengan pesat. China, India, Pakistan, Malaysia dan Vietnam merupakan contoh negara-negara yang siap bersaing dengan Jepang untuk menjadi `pemimpin pasar’ di Asia dengan rencana persiapan pembangkit listrik skala besar-mereka. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ada dalam rencana  penyediaan sumber energi listrik skala besar negara-negara tersebut.  Sampai saat ini, 15 % dari total pembangkit listrik yang beroperasi di dunia adalah PLTN. Sebagaian besar jenis pembangkit ini terdapat di Benua Amerika, Eropa dan beberapa di negara2 Asia seperti Jepang, Korea, dan China.

Pada tulisan ini, Saya mencoba untuk memberikan sebuah referensi tentang data-data PLTN yang sudah beroperasi (reactors operable), dalam tahap pembangunan (reactors under construction), tahap rencana (reactors planned) dan tahap pengajuan (reactors proposed) sampai dengan tahun 2030. Tentu saja data-data ini bisa didapatkan dengan mudah di alamat2 lainnya dengan menggunakan mesin pencari Google. Dengan rangkuman yang saya buat dalam Bahasa Indonesia ini, bisa menjadi sarana untuk kita saling berdiskusi  untuk kemajuan bersama.

Seperti yang kita ketahui, bahan bakar dari PLTN adalah Uranium. Ada beberapa negara penghasil Uranium di Dunia, seperti Kazakhtan, Australia dan lain-lainnya. Total reaktor yang beroperasi di dunia saat ini berjumlah 436 reaktor, dalam tahap konstruksi : 45 reaktor, telah masuk tahap terencana 131 reaktor, dan sedang dalam tahap pengajuan 282 reaktorGambar 1 dan Gambar 2 dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang kondisi Uranium dan PLTN saat ini di DuniaPenjelasan lebih rinci tentang kondisi PLTN berbagai negara akan dijelaskan setelahnya.

Gambar 1. Sumber Uranium di Dunia

Gambar 2. PLTN di Dunia

Amerika : PLTN terbanyak di dunia sampai saat ini tentu saja dimiliki oleh Amerika. Jumlah PLTN yang beroperasi di Amerika adalah 104 reaktor, 20% dari total energi listrik yang dihasilkan. 12~32 reaktor ada dalam tahap pembangunan (under construction). Pada saat pemerintahan Presiden Amerika sebelumnya, Bush, berbagai macam persiapan telah dilakukan untuk pengembangan teknologi nuklir, dan pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama program ini masih tetap dilanjutkan.

Gambar 3. PLTN di Amerika

Jepang : Sampai saat ini, jumlah PLTN yang beroperasi di Jepang adalah 53 reaktor, dengan persentasi sebesar 30% dari total energi listrik yang dihasilkan. Sampai tahun 2030 jumlah ini akan bertambah sebesar 15~16 reaktor (under construction). Untuk mengurangi produksi gas CO2, pemerintah Jepang dari Juni 2009 berusaha untuk meningkatkan persentase pembangkit PLTNnya menjadi 40 %.

Gambar 4. PLTN di Jepang

Perancis : Perancis menjadi pemimpin negara-negara Eropa dalam penggunakan PLTN. Hampir 80 % pembangkit listrik di Perancis adalah PLTN, sisanya PLTU dan PLTA. Perancis adalah salah satu negara yang swasembada energi, bahkan perusahaan listrik negara-nya, EDF, adalah perusahaan pemasok listrik terbesar di Eropa, seperti Italia, Belgia, Spanyol dll.

Gambar 5. PLTN di Perancis

China : China adalah salah satu negara yang teknologi nuklirnya berkembang paling pesat sampai saat ini. Di akhir tahun 2008, 11 pembangkit listrik tenaga nuklir telah beroperasi di China,  kapasitas daya total dari PLTN yang telah beroperasi ini mencapai 9.068 MW. Hingga saat ini posisi China ada diperingkat 11 sebelah Swedia. Tidak sampai disitu saja, China saat ini berencana untuk melakukan percepatan dalam pembangunan listrik tenaga nuklir. Pada Juli 2009, China memulai untuk membangun lagi 15 PLTN yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi dengan kapasitas total  mencapai 15.260MW, atau sehingga total dimasa depan China akan memiliki lebih dari 24.000MW PLTN.  Selanjutnya tidak cukup sampai disitu, dari data yang saya miliki, menunjukkan bahwa China masih memiliki rencana untuk membangun 180 PLTN baru dengan kapasitas mencapai 192.770MW, meskipun dengan jangka waktu yang belum ditetapkan.

Gambar 6. PLTN di China

India : Dari tahun 1974 sampai saat ini, jumlah PLTN yang beroperasi di India adalah 17 reaktor,  dan berencana untuk membangun 29~44 reaktor lagi.

Gambar 7. PLTN di India

Inggris :

Gambar 8. PLTN di Inggris

Jerman :

Gambar 9. PLTN di Jerman

Ukraina :

Gambar 10. PLTN di Ukraina

Tabel 1. Paparan PLTN di Dunia dan Kebutuha Bahan Bakar Uranium Masing-masing Negara

Gambar 11. Keperluan Bahan Bakar Untuk Pembangkit Listrik di Dunia

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

Menerima jasa Konsultasi Studi Kelayakan (Feasibility Study, FS) untuk proyek Pembangkit Listrik, konsultansi meliputi pemilihan lokasi pembangunan pembangkit listrik, studi perhitungan daya dan energi listrik, studi sistem kelistrikan, membuat estimasi biaya pembangunan pembangkit listrik mencakup analisis harga satuan pekerjaan sipil, peralatan elektrikal-mekanik, peralatan jaringan transmisi-distribusi-instalasi rumah, pajak serta biaya pengembangan; memperkirakan komponen biaya operasional (fixed & variable O&M Cost); menghitung harga tarif yang tepat, analisa finansial, dan mematangkan segala langkah pembangunan dan operasional proyek pembangunan pembangkit listrik.
WA/Line : 0813378-01378,
Email : ir.fendysutrisna@gmail.com

Artikel menarik lainnya tentang nuklir di kategori tenaga nuklir:

One thought on “PLTN di Dunia

  1. Pingback: Sekilas Mengenai Konverter DC-DC « Indone5ia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s