Tips dan Trik Memilih Pekerjaan


Tips dan Trik Memilih Pekerjaan

Kadek Fendy Sutrisna

12 September 2011 

Susah juga untuk mendefinisikan pekerjaan yang ideal agar bisa diterima oleh semua kalangan pembaca disini. Penulis sebenarnya hanya ingin memberitahukan bahwa asal kita masih bisa belajar, apapun itu keputusan yang akan kita pilih, maka hal itu adalah keputusan yang tepat. Belajar disini tidak harus berupa ilmu pengetahuan, segala informasi sudah dengan mudah kita dapatkan seiring dengan berkembangnya fasilitas internet.

Diantara teman-teman yang mulai beranjak dewasa disini pasti banyak yang belum puas dengan kemampuan diri sendiri masing-masing saat ini. Bahkan mungkin sampai ada yang merasa salah jurusan atau mencoba untuk mencari pekerjaan apapun itu agar kelak bisa menggapai cita-cita selanjutnya. :p

Hal yang wajar memang, saat kita berada dikondisi yang mengharuskan untuk melangkah dan memilih, terkadang rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Saya juga pernah merasakan hal yang sama, sampai pada suatu kesimpulan bahwa ternyata hanya perlu melakukan yang terbaik yang kita bisa saat ini, agar tetap mensyukuri kalo rumput kita lah yang lebih enak walopun tidak hijau.

Biarkanlah tangan kita ini bekerja, kaki kita melangkah, otak kita berpikir yang terbaik, agar diujung persimpangan nanti kita menemukan semua jawaban dari ketidakpuasan kita saat kini.

1.   Tekuni Salah Satu Bidang, Raih Kesuksesan, Baru Memperluas Wawasan di Bidang yang Lain 

Saat anda mencoba untuk mempelajari hal yang baru, sebaiknya pastikan dahulu kalo kita sudah melakukan yang terbaik di bidang yang kita pelajari sebelumnya. Disini bukan berarti penulis lebih menyarankan untuk mencoba bidang yang lain daripada menekuni hanya satu bidang keahlian saja, ataupun sebaliknya.

Tidak ada yang lebih baik dari kedua pilihan hidup ini. Semua berjalan baik tergantung dengan kondisi kita saat itu, bergantung dari cara kita menghadapi peluang yang ada di depan kita. Kita harus membiasakan diri baik secara sadar atau pun tidak sadar untuk menganggap bahwa segala keputusan yang kita ambil kini adalah sebuah keputusan yang bisa membuat kita bisa melangkah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hidup selalu berupa pilihan, jadi jangan pernah ragu untuk melangkah atau menyesalin sesuatu yang sudah kita pilih nantinya.

Salah satu cara agar kita bisa tetap menekuni bidang yang kita pelajari walaupun kita sudah tidak sedang berada di sistem perkuliahan adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita pelajari sebelumnya. Hal inilah yang menjadi alasan penulis untuk memilih pekerjaan setelah lulus dari kuliahnya (mungkin rekan-rekan disini bisa mencoba).

Alasan lain dalam memilih pekerjaan tentu saja adalah masalah penghasilan. Saat ini banyak teman-teman penulis yang tidak sabar langsung ingin terjun menjadi enterpreneurship yang tidak berhubungan dengan bidang yang dipelajarinya selama ini. Atau memilih perusahaan asing bergaji besar tanpa peduli bahwa pekerjaan masa depannya tersebut kurang sesuai dengan yang mereka pelajari. Tidak ada yang salah memang, penulis tahu bahwa mereka melakukannya dengan banyak pertimbangan, salah satunya (mungkin) karena mereka yakin dengan kemampuan diri mereka dan merasa ingin menjadi orang yang lebih berguna untuk orang banyak secepatnya.

Tapi disini penulis menyarankan kepada pembaca yang masih bingung memilih, untuk memprioritaskan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dipelajari dahulu, atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (bila perlu sampai S3, dijamin tidak akan rugi kalo melihat kondisi Indonesia saat ini) sambil belajar di kampus kehidupan.  Yaaa! Tentu saja kalo kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita pelajari dan bergaji besar itu adalah  sebuah anugrah terindah yang patut kita syukuri.

Segala keputusan dalam menentukan pekerjaan biasanya selalu awalnya memerlukan pengorbanan. Tidak jarang kalo sudah bekerja di perusahaan yang gajinya bonafit pun kita masih merasa tidak puas dan ingin melanjutkan sekolah lagi. Ataupun sebaliknya, kita sudah bekerja di perusahaan yang sesuai dengan bidang kita, tapi kita masih merasa gaji yang kita terima kurang memuaskan, dan ingin mencoba pekerjaan baru.

2.   Mengetahui Batasan Kemampuan dan Ketidakmampuan Diri

Saat beranjak dewasa biasanya kita mulai bingung untuk menentukan apa yang sebaiknya kita lakukan/pelajari, baik itu buat tipe orang yang memamng menekuni satu bidang saja ataupun tipe orang yang mencoba-coba segala tantangan dalam hidup. Well! Perjuangan masih panjang kawan, cara terbaik untuk menemukan semangat lagi untuk belajar adalah dengan mencari batasan kemampuan diri dan ketidakmampuan diri kita saat itu.

Dengan mengetahui batasan kemampuan kita, kita akan tahu dimana kita bisa menjadi yang terbaik dibandingkan orang lain, atau bisa melakukan pekerjaan dengan kemampuan terbaik yang kita miliki. Penulis meyakini semua orang punya kemampuan terbaiknya, semua tergantung dari bagaimana cara mereka berada pada kepercayaan tertinggi mereka untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Ingat kemampuan terbaik disini tidak hanya dinilai dari pengetahuan, masih ada kemampuan, teknik yang kita miliki,  sikap, dan pengalaman. 

Dengan mengetahui ketidakmampuan diri bisa membuat kita menjadi semangat untuk mempelajari hal-hal baru. Dengan mengetahui ini kita juga bisa menghormati orang lain. Sikap inilah yang sepertinya masih kurang dimiliki oleh orang-orang pintar masa kini. Tumbuhlah seperti bambu, menjulang tinggi namun tengahnya tetap kosong. Apabila kita tidak memiliki sifat ini, sepintar apapun kita, saat kita bertumbuh tinggi, maka akan dengan mudah begitu saja dirobohkan apabila ada angin yang bertiup kencang.

Berlakulah seperti orang yang memiliki ilmu bela diri. Mereka kuat namun apabila mereka menggunakan kekuatan mereka untuk selalu mencari musuh, maka kekuatan tersebut tidak akan berguna di masa depan.

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE atau SUKA,KOMENTARI & BAGIKAN halaman facebook berikut -> Catatan Fendy Sutrisna

One thought on “Tips dan Trik Memilih Pekerjaan

  1. terima kasih atas penulisan artikel/informasi ini, semoga bermamfaat bagi kita semua,,, sukses milik semua orang, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, salam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s