Arsip Catatan Fendy Sutrisna per April 2012


Arsip Catatan Fendy Sutrisna per April 2012

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

1. Denger-denger dari pihak Toshiba, di Semarang akan dibangun PLTU Batubara kapasitas besar 1000 MW. Woow… Bener apa gk yaa? Berarti Indonesia bakal masuk dalam sejarah punya pembangkit listrik Ultra Super Critical Thermal Power Plant.. Tapi kenapa kok bisa di Semarang yaa? Ada yang tau alasannya?

Selain Indonesia, India juga memiliki rencana yang sama dan pembangkit listrik disana akan beroperasi di akhir tahun 2012 ini.

2. Denger2 Polandia berencana membangun PLTN di dekat perbatasannya dengan Jerman.. Polemiknya sebagian besar masyarakat Jerman yang malah protes sedangkan masyarakat Polandia satu suara mendukung rencana pemerintahnya karena kebutuhan energi listrik yang terus meningkat. Kira2 kalo gini, gmana hukumnya yaa?

Btw kalo suatu hari Malaysia atau negara tetangga Indonesia lainnya membangun nuklir gmana tuh?

3. Aktivitas sosial bersama teman-teman di Toshiba ke daerah-daerah yang diterjang Tsunami dan kecelakaan nuklir Fukushima

4. Suka banget sama video ini.

Buat rekan-rekan yang tertarik dengan perkembangan pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) di nusantara, silahkan disimak video ini. Dijamin gk nyesel.😀

Btw buat rekan2 yang punya informasi lebih detail mohon dishare juga yaa disini..

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=hkC8Kn3-6po#!

5. Ini adalah data biaya pembangkitan energi listrik masing-masing pembangkit yang ada di Jepang.

Silahkan dibandingkan dengan tabel data biaya pembangkitan lainnya yang ada di Indonesia.

Terlihat juga bahwa di negara yang tidak mempunyai SDA minyak bumi dan gas alam seperti Jepang pun biaya pembangkitan listrik dari sel surya masih jauh lebih mahal daripada pembangkit listrik lainnya. Biaya pembangkitan listrik PLTN adalah yang termurah.

6. Tabel berikut adalah koreksi biaya PLT Nuklir Jepang dengan menimbang besarnya resiko yang harus ditanggung apabila terjadi kecelakaan nuklir seperti yang terjadi di Fukushima tahun 2011 kemaren.

Pemerintah Jepang memperkirakan besarnya kerugian fukushima dalam jangka waktu 10 tahun ke depan berkisar antara 627 – 2200 Triliun rupiah.

Adapun rinciannya sebagai berikut :

1. Rp.74 T s/d 1500 T untuk membersihkan limbah reaktor
2. Rp. 63 Triliun untuk menanggung kerugian penduduk yg mengungsi (penduduk yang tinggal 20 km dari PLTN Fukushima)
3. Rp 430 Triliun untuk menanggung biaya hidup penduduk tersebut

7. Salah satu proyek Indonesia – Jepang dibidang pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di tahun 2012 adalah PLTU Tanjung Jati B (TJB) unit-4, yang berdiri diatas lahan seluas 150 hektar, dengan biaya investasi sebesar 17,6 Trilyun rupiah.

PLTU TJB kini mengoperasikan 4 unit pembangkit, dengan masing-masing unit berkapasitas 660 MW atau total 2.640 MW, menyumbang 11 persen kebutuhan listrik jaringan interkoneksi Jawa dan Bali.

Saat ini PLTU TJB adalah PLTU terbesar ketiga di Indonesia setelah PLTU Paiton dan PLTU Suralaya. Selain itu Pemerintah juga masih membuka kesempatan untuk para investor membangun 4 unit PLTU lagi (unit 5, 6, 7, 8)

Menerima jasa Konsultasi Studi Kelayakan (Feasibility Study, FS) untuk proyek Pembangkit Listrik, konsultansi meliputi pemilihan lokasi pembangunan pembangkit listrik, studi perhitungan daya dan energi listrik, studi sistem kelistrikan, membuat estimasi biaya pembangunan pembangkit listrik mencakup analisis harga satuan pekerjaan sipil, peralatan elektrikal-mekanik, peralatan jaringan transmisi-distribusi-instalasi rumah, pajak serta biaya pengembangan; memperkirakan komponen biaya operasional (fixed & variable O&M Cost); menghitung harga tarif yang tepat, analisa finansial, dan mematangkan segala langkah pembangunan dan operasional proyek pembangunan pembangkit listrik.
WA/Line : 0813378-01378,
Email : ir.fendysutrisna@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s