Arsip Catatan Fendy Sutrisna per Februari 2012


Arsip Catatan Fendy Sutrisna per Februari 2012

Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

1. Ini dia potret/kondisi ekonomi daerah dan ketenagalistrikan Indonesia per Provinsi 2009/2010

Disini terlihat bahwa ada provinsi dengan kondisi ekonomi kaya tetapi masih kekurangan listrik, dan ada pula propinsi yang tidak terlalu kaya tetapi listriknya melebihi rata-rata Indonesia. Bagaimana menurut pendapat rekan-rekan?

Image

2. Ini adalah kondisi kelistrikan dan GDP per kapita negara-negara Asia Tenggara. Semoga bisa menjadi referensi

Image


3. Buat teman-teman yang tertarik mengembangkan PLTHK di perairan Indonesia, mungkin data ini bisa membantu sebagai referensi. Silahkan berkumpul dan berdiskusi disini -> Fig. Potensi PLTHK di perairan Indonesia

Image

4. Ini adalah diagram energi yang mengambil energi panas matahari untuk memanaskan air, kemudian steamnya untuk menggerakkan turbin.

Pada malam hari atau intensitas sinar matahari kurang, biasanya dibantu dengan energi pemanasan lainnya pada steam boiler.

Adakah rekan-rekan sekalian yang tertarik mengkaji dan memanfaatkan teknologi tersebut ? Silahkan berdiskusi disini -> Fig. Rankine-Cycle STPP (coutesy of Pilkington Solar Internasional)

Image

5. Buat rekan-rekan yang tertarik mengembangkan biomass, biogas, atau pembangkit listrik berbahan bakar sampah (PLTSa) silahkan berkomentar dan berkumpul disini.

Image

6. Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia punya ribuan pulau yang sedikit sekali mempunyai interkoneksi. Akibatnya, semua pembangkit renewable harus stand alone atau terisolasi. Akibatnya sistemnya tidak ekonomis dan tidak handal.

Itulah sebabnya kenapa PLN harus segera membangun interkoneksi antar pulau. Jangan malah membangun PLTU-PLTU kecil yang sudah pasti tidak efisien.

-Dikutip dari Pak Pekik A. Dahono-

7. Ini adalah peta lokasi pembangunan jaringan interkoneksi Sumatra ke Jawa dengan menggunakan sistem HVDC

Selain mengurangi rugi-rugi jaringan bawah laut, sistem DC juga diharapkan dapat memperbaiki kestabilan sistem kelistrikan secara keseluruhan; gangguan di Pulau Sumatra tidak akan mempengaruhi Pulau Jawa dan sebaliknya dengan menggunakan teknologi elektronika daya tertentu.

Image

 8. Ini adalah foto saya bersama teman-teman dari Jepang, Vietnam, Thailand, dan Kazakhtan yang berdiri tepat diatas reaktor PLTN FUKUSHIMA Dai-2 (bukan Dai-1 yang kemaren meledak itu) yang sedang beroperasi yang menghasilkan listrik berdaya 1100 MW. Tutup reaktor yang dipijak bergetar serasa sedang berdiri diatas ketel air yang sedang mendidihkan airnya.

Apakah rekan-rekan ingin punya pengalaman yang sama masuk ke dalam reaktor nuklir? Hehehee…

Kalo iya, ayoo dukung pemerintah agar jangan ragu-ragu membangun PLTN di Indonesia. Jangan mau kalah sama Iran. :p

Image

 9. Iran saja mengusai teknologi nuklir untuk ketahanan energi sipilnya, bagaimana dengan Indonesia?

10. Ini adalah video menarik tentang kekhawatiran bisnis Migas dalam negeri -> Cari tau mengapa cost recovery sudah ditingkatkan setiap tahun tapi produksi Migas masih tetap anjlok. Cari tau kenapa bisnis Migas dikuasai oleh perusahaan asing sebesar 70%; 16,2% oleh swasta lokal; dan hanya 13,8 % yang digarap oleh pertamina

http://www.youtube.com/watch?v=ILvmxMjIGSI

11. Indonesia itu boleh dibilang negara miskin yang ber­pikir kaya -> Mana ada negara yang membakar solar yang harganya jelas mahal untuk energi listriknya. Sedangkan energi premier yang lebih murah seperti batu bara dan gas malah diekspor. -Tumiran-

12. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau yang lebih dikenal dengan istrilah PLTN sudah digunakan teknologinya lebih dari 50 tahun yang lalu. Keunggulan PLTN adalah tidak menghasilkan emisi gas CO2 sama sekali. Selain itu PLTN juga mampu menghasilkan daya stabil yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya. Perlu diketahui juga bahwa bahan bakar uranium yang sudah habis dipakai dapat didaur ulang kembali menjadi bahan bakar PLTN yang baru.

Indonesia sebenarnya sangat cocok mengembangkan pembangkit listrik ini, sebagai upaya diversivikasi penggunaan bahan bakar fosil (batubara, minyak bumi, dan gas alam). Dengan penanggulangan radiasi nuklir yang cermat dan berlapis, PLTN dapat menjadi solusi kebutuhan energi listrik yang besar di Indonesia.

Bagaimana pendapat teman-teman?

13. Buat rekan-rekan yang membutuhkan RUPTL PLN -> http://www.pln.co.id/dataweb/RUPTL/RUPTL%202011-2020-2.pdf Lumayan filenya 131 MB namun cukup menarik dibaca..😀

14. Menurut RPUTL, kebutuhan energi listrik di tahun 2020 diperkirakan sebesar 328,3 TWh, atau naik sebesar 8,3% pertahun. Proyeksi jumlah pelanggan PLN diperkirakan naik dari 45,8 juta menjadi 69,0 juta di tahun 2020. Kalau rasio elektrifikasi Indonesia baru 65% saat ini, berarti proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW itu harus dijalankan minimal 3 x secara berkesinambungan sampai tahun 2020. Kok rasa-rasanya proyek 1 dan 2 aja masih banyak yang molor yaa? Gmana nih PLN? Kurang modal atau kurang SDM?

15. Lihat kenyataan ini jadi bingung, kok bisa yaa pertumbuhan kebutuhan energi listrik di Indonesia sangat tidak berimbang seperti ini? Padahal jelas-jelas luas wilayah Indonesia Timur dan Indonesia Barat jauh lebih luas daripada wilayah Jawa-Bali. Apa gk sebaiknya dipikirkan saja membangun perusahaan listrik baru selain PLN?

Sekedar informasi saja bahwa Jepang negara yang jauh lebih kecil saja memiliki 9 perusahaan listrik negara. Cara kompetisi seperti ini bagus untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan infrastruktur listrik masing-masing daerah.

Gambar -> proyeksi penjualan tenaga listrik PLN tahun 2011 dan tahun 2020 untuk daerah Indonesia Barat, Jawa-Madura-Bali, Indonesia Timur.

 Image

16. Pilih energi mahal, BUMN untung besar, proyek pembangunan bisa dipercepat tapi kalo kblabasan rakyat tambah sengsara, industri mati; atau energi murah, BUMN rugi, rakyat makmur, tapi klo keblabasan negara bangkrut? Hehehee… sudah pasti gk pilih dua2nya kan?😀

17. Ayoo ada yang mau ikutan voting :

Harga BBM untuk rakyat idealnya berapa ; Rp. ——–
Harga Listrik untuk rakyat idealnya berapa ; Rp. ———

Hehehehee… Kalo ada saran lainnya juga silahkan ditulis..🙂

18. Proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 10000MW tahap 1 didominasi oleh PLTU batubara.

Selanjutnya program 10000MW tahap.2 didominasi oleh PLTPanasbumi.

Pemerintah juga menetapkan program 10000MW tahap 3 yang rencananya didominasi oleh PLTAir.

Indonesia membutuhkan total pembangkit listrik baru 3000MW setiap tahun dan meningkat 5500MW per tahun sejak tahun 2015.

19. Berikut ini adalah komposisi pembangkit listrik yang akan dibangun di Indonesia di masa depan menurut RPUTL PLN.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, kira-kira realistis gk yaa pembangunan PLT Geothermal yang rata-rata 3000-4000 MW per tahun? Padahal seperti yang kita ketahui pembangunan geothermal biasanya terkendala pembebasan lahan, dan pencarian sumur uap yang membutuhkan modal yang besar. Kapasitas rata-rata pembangkit Geothermal adalah 110 MW, jadi mau bangun berapa pembangkit listrik Geothermal di Indonesia?

Kenapa tidak mengembangkan PLT Air dulu di proyek percepatan 10.000 MW tahap 2, di proyek tahap 3 baru berpikir untuk menggunakan Geothermal.

Image

20. Dukung Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

Menerima jasa Konsultasi Studi Kelayakan (Feasibility Study, FS) untuk proyek Pembangkit Listrik, konsultansi meliputi pemilihan lokasi pembangunan pembangkit listrik, studi perhitungan daya dan energi listrik, studi sistem kelistrikan, membuat estimasi biaya pembangunan pembangkit listrik mencakup analisis harga satuan pekerjaan sipil, peralatan elektrikal-mekanik, peralatan jaringan transmisi-distribusi-instalasi rumah, pajak serta biaya pengembangan; memperkirakan komponen biaya operasional (fixed & variable O&M Cost); menghitung harga tarif yang tepat, analisa finansial, dan mematangkan segala langkah pembangunan dan operasional proyek pembangunan pembangkit listrik.
WA/Line : 0813378-01378,
Email : ir.fendysutrisna@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s