||| Kadek Fendy Sutrisna


Fendy Sutrisna adalah salah satu lulusan mahasiswa teknik elektro ITB angkatan 2004 dan lulus dengan predikat cumlaude. Keahlian yang ditekuninya semasa kuliah di ITB adalah elektronika daya dan pembangkit listrik, dan energi terbarukan.

Fendy Sutrisna pernah menjadi juara di perlombaan Electrical Engineering Award (EEA 2007) se-Indonesia pada kategori elektroteknik untuk energi terbarukan dengan mendesain sebuah sistem elektronika daya dengan mikrokontroler untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang mampu menghasilkan daya maksimum untuk segala kondisi apapun (MPPT : Maximum Power Point Tracker). Fendy Sutrisna juga berpengalaman dalam mendesain generator sinkron magnet permanen kutub banyak untuk aplikasi turbin angin dengan kecepatan putar rendah.

Fendy Sutrisna melanjutkan kuliah S2-nya ke Jepang, dan berhasil meraih gelar master dari Tokai University dengan tema penelitian yang dikuasai adalah proses pembuatan thin films dengan metode Ion-plating dan Magnetron Sputtering yang bisa berguna juga untuk proses pembuatan panel surya/PV.

Fendy Sutrisna bergabung juga dalam program GIANT (Global Initiative on Asian Specialized Nuclear Personnel Tokai University) dan berkesempatan belajar banyak hal tentang pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Hampir setengah PLTN yang ada di Jepang pernah dikunjunginya dan merupakan satu-satunya orang Indonesia yang beruntung pernah berdiri diatas reaktor nuklir yang sedang beroperasi di Fukushima – Jepang.

Pada saat terjadi kecelakaan Fukushima 12 Maret 2011, Kadek Fendy Sutrisna mendaftar menjadi tenaga relawan di KBRI Tokyo, untuk membantu pemerintah Indonesia dalam memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan kondisi reaktor nuklir dan radiasi-nya paska terjadi ledakan reaktor.

Saat ini, Fendy Sutrisna bekerja di Toshiba – Jepang dalam mendesain generator kutub banyak atau kecepatan rendah untuk aplikasi pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

 

Dukung terus Fendy Sutrisna untuk tetap berbagi dalam artikel ketenagalistrikan Indonesia dengan klik link LIKE, COMMENT & SHARE di halaman facebook ini -> Catatan Fendy Sutrisna

5 thoughts on “||| Kadek Fendy Sutrisna

  1. Salam,

    Pak Fendy,
    Apakah bapak memiliki data mengenai seluruh PLTA di Indonesia yang sudah beroperasi dengan jumlah produksi per tahunnya?
    Bila memiliki, bolehkah data tersebut dibagi ke saya?

    terima kasih,

  2. Salam,

    Bisa minta alamat emailnya Pak Fendy untuk berdiskusi mengenai salah satu tulisan Bapak yaitu ‘Studi Tentang Kondisi Kelistrikan di Bali’?

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s